"BERBAGI ITU HAPPY"

10/05/2017

TERAPI BURUNG AGAR TIDAK MUDAH STRES

AAN BUDIYANTO | 10/05/2017 | |
ZONATIPSINDONESIA. Burung yang rawan stres sering terjadi pada burung yang baru didapat dari tangkapan liar, tetapi banyak pula burung yang dipelihara dari rawatan sejak anakan juga memgalami stres. Penyebab burung stres bisa apa saja dan bisa terjadi kapan saja pada burung anda. Dan dampak dari stres adalah burung akan mengalami penurunan stamina yang bisa membuat burung tidak mau bunyi dan lebih parahnya lagi burung bisa mengalami sakit dan mati. Salah satu cara untuk menghindari burung dari stres adalah dengan cara diberikan terapi atau latihan untuk burung anda. Dan berikut ini macam macam terapi untuk menghindari burung dari stres.

Dengan menciptakan suasana seperti di alam liar untuk burung momongan anda sangat ampuh menghindari dan bahkan bisa menyembuhkan stres pada burung. Tetapi terapi ini juga harus seimbang dengan perawatan sehari hari dalam menjaga kesehatan burung itu sendiri seperti memperhatikan kebersihan kandang dan lingkungan.

Dan untuk tips / cara caranya sebagai berikut :

TERAPI MAKANAN

Dengan memberikan variasai makanan menjadi kunci pokok terapi ini, karena dengan memberikan makanan yang bervariasi burung tentu akan selalu tercukupi gizinya, maksudnya bila gizi tersebut tidak tersedia di salah satu makanan tertentu, maka akan tersedia di jenis makanan yang lainya. seperti dihabitat aslinya burung bisa memilih makanan apa saja sesuai dengan kebutuhan tubuhnya saat itu.

TERAPI UMBARAN

Dengan rutin memasukan burung kekandang umbaran, maka burung terbiasa dengan daerah kekuasaanya yang luas. Selain untuk menjaga kebugaran tubuh burung cara ini ampuh membuat nyaman burung seperti berada di habitat aslinya di alam liar

TERAPI PENGEMBUNAN

Dengan terapi pengembunan dipagi hari, burung terbiasa dengan suasana alami, yang mana burung selalu memulai aktifitasnya setiap hari lebih awal seperti burung burung lainya diluar. Selain itu burung juga terlatih dengan perubahan suhu diwaktu pagi hari.

TERAPI SUARA

Dengan memberikan suara burung lain dan suara gemericik air, mampu mengurangi stres dari burung, hal ini dikarenakan burung seperti berada dialam liar yang disana juga terdapat suara tersebut yang tentunya sangat disukai oleh burung. selain memakai media asli seperti suara gemericik air dari kolam, cara ini juga bisa mengunakan suara terapi air yang didapat dari hasil download dan didengarkan melalui media MP3

TERAPI KETINGGIAN

Dengan menggantang atau menaruhnya di tempat yang tinggi juga mampu mengurangi stres burung, Karena memang burung sebenarnya dengan kemampuannya terbang sangat menyukai berada di tempat tempat yang sangat tingi bila dirinya merasa terancam oleh sesuatu.

Terapi terapi diatas sangat baik dilakukan sekali lagi untuk mengurangi stres yang biasa terjadi karena exploitasi yang dilakukan oleh pemilik burung, Dan bila burung anda secara psikologis tidak terganggu atau tertekan bahkan sampai dengan stres, tentunya sangat berpengaruh dengan kesehatan dan performanya.

Demikian tips / cara terapi burung agar tidak stres. Semogga bermanfaat.



"BERBAGI ITU HAPPY"

No comments:

Post a Comment