"BERBAGI ITU HAPPY"

11/01/2017

PENTINGNYA KATURANGGAN DALAM MEMILIH BURUNG

AAN BUDIYANTO | 11/01/2017 |
ZONATIPSINDONESIA. Istilah katuranggan sering digunakan dalam menandai fisik seekor binatang, kalau orang jawa katuranggan sedikit didekatkan dengan ciri fisik seekor binatang yang memiliki arti arti penting atau bisa juga memiliki arti arti mistis.

Dalam dunia burung juga sudah menggunakan istilah katuranggan tersebut yaitu pada burung perkutut, istilah katuranggan sering disematkan pada burung yang memiliki ciri seperti warna bulu tertentu, postur tubuh bisa juga ciri anggota tubuh yang lain yang memiliki arti didalamnya.

Artikel kali ini saya akan membahas pentingnya katuranggan dalam dunia burung tetapi lebih kepada pembahasan yang rasional, selebihnya terserah anda. 


Sebagai ilustrasi awal saya memberikan contoh burung cendet saya memiliki postur tubuh yang menurut saya sangat bagus. Dan setelah memperhatikan secara khusus memang ada corak bulu yang sedikit berbeda dengan burung cendet pada umumnya, saya memang sempat berfikir apa mungkin burung saya dari trah tertentu mungkinkah dari trah bangsawan, ataukah trah kerajaan.. Hehehehe..

Tetapi yang jelas meskipun masih muda memang banyak yang sudah memuji postur tubuh dan kemampuan burung cendet saya. 

Gambar dibawah ini adalah foto burung cendet saya ketika masih muda belia yang akan saya pergunakan untuk menjelaskan pentingnya katuranggan saat memilih atau memelihara burung. Dan tentunya hal ini juga baik diterapkan pada burung burung lain seperti, Burung Murai, Burung Kacer, Dll.


PENTINGNYA KATURANGGAN DI DUNIA BURUNG
Katuranggan pada tubuh burung Cendet


KETERANGAN :


1. Paruh yang tebal

Akan sangat berpengaruh pada kekuatanya dalam memangsa makanan, dan hal ini erat hubungannya dengan mental sang burung.

2. Leher yang panjang 

Akan sangat berpengaruh pada tulang tulang disekitar pita suara dan hal ini biasanya erat hubungannya dengan volume suara yang sangat keras.

3. Tubuh yang panjang

Akan sangat berpengaruh pada stamina burung, dan hal ini berhubungan dengan durasi irama lagu yang akan dibawakan saat burung berkicau.

4. Kaki yang panjang dan kuat 

Akan berpengaruh pada kuda kuda saat berdiri tegak yang erat hubunganya pada kekuatan sang burung ketika berkicau.

5. Ekor yang panjang

Akan sangat berpengaruh pada keseimbangan tubuh burung dan hal ini erat hubunganya pada kepercayaan diri sehingga mempengaruhi keseimbangan gaya, dan penampilannya ketika berkicau. 

Secara rasional katuranggan bisa dijelaskan seperti tersebut diatas, dan jika ada  pilihan tentunya tetap saya sarankan untuk memilih postur tubuh atau katuranggan yang yang baik seperti contoh diatas. Karena sudah terbukti burung dengan postur tubuh yang baik akan berpengaruh baik pula untuk kemampuanya.

Demikian artikel tentang pentingnya katuranggan dalam memilih atau memelihara burung peliharaan, semoga bermanfaat.

"BERBAGI ITU HAPPY"

No comments:

Post a Comment